Ternyata Para Guru dan Pegawai Tidak Tetap Hanya Terima Honor Maksimal Rp 254.000

Ternyata Para Guru dan Pegawai Tidak Tetap Hanya Terima Honor Maksimal Rp 254.000

Ratusan guru yang tergabung Forum Komunikasi Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) se-Kabupaten Cilacap Jawa Tengah berunjuk rasa. Mereka menuntut kenaikan upah sesuai dengan upah minimum kabupaten (UMK).

Selama ini honor mengajar yang mereka terima jauh di bawah gaji pembantu rumah tangga, yakni antara Rp 100 ribu hingga Rp 250 ribu per bulan, meski para guru rata-rata lulusan S1.

Dengan honor sebesar itu dinilai tidak manusiawi. Dan kekesalan para guru GTT dan PTT dilampiaskan dengan unjuk rasa.

Sambil membentangkan spanduk dan berbagai poster yang bertuliskan jeritan para guru karena hanya memperoleh upah sebesar Rp 100 ribu hingga Rp 254 ribu setiap bulannya, massa melakukan orasi di depan Pendopo Kabupaten Cilacap.

Mereka menuntut agar pemerintah memperhatikan nasib para guru wiyata bakti yang memperoleh upah sangat tidak layak.

Dengan upah yang begitu rendah, banyak di antara mereka yang kelimpungan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sudrajat, guru SD Gintungreja 02 Kecamatan Gandrungmangu mengaku, tuntutan mereka sangat logis. "Pemerintah seharusnya tidak menutup mata dengan kondisi riil para guru wiyata bakti selama ini," ujarnya.

Di sisi lain beban kerjanya GTT dan PTT sama dengan guru PNS, bahkan lebih besar produktivitasnya. "Kita selama ini cenderung dijadikan tameng untuk berbagai kegiatan," jelasnya.

Seusai berorasi, 12 perwakilan guru honorer diterima Asisten 2 Sekda Dian Setya Budi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Kepala Disdikpora Cilacap Tulus Wibowo.

Menanggapi tuntutan para guru, Dian Budi mengatakan bahwa Pemkab Cilacap berjanji menampung semua aspirasi dan akan berupaya untuk menyelesaikannya.

"Persoalan yang dihadapi oleh ribuan guru Wiyata Bakti ini cukup memprihatinkan. Apalagi jika menengok honor yang mereka terima yakni antara Rp 100-250 ribu per bulan," kata Budi. 

--------
Jangan lupa Ikuti persiapan ujian cpns tenaga honorer pada tanggal 11-15 oktober 2013 di http://soal.cpnsonline.com/
SHARE

Unknown

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment